PAUD EBEN HAEZER BALIKPAPAN
Jl. Gardenia Raya Blok P-1 No. 5 RT. 021
Balikpapan - Kaltim
Hendrik Rasubala, S.TH, SH, MBA
Pengelola / Pengelola
Pendahuluan
Ada sukacita yang besar apabila kita sebagai orang tua melihat anak-anak kita berhasil dalam hidupnya ketika mereka menginjak usia dewasa. Mereka hidup dengan kecerdasan dan kesehatan yang prima serta menghormati orang tua. Anak-anak yang demikian tentu sebagai kebanggaan orang tua. Dia bekerja dengan penuh kejujuran serta rajin beribadah kepada Tuhan. Dan ini selaras dengan Firman Tuhan yang terdapat dalam kitab Amsal 15 : 20 yang berkata:" Anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya, tetapi anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya".
Pendidikan anak usia dini merupakan titik awal bagi anak-anak untuk pertama kali
akan melangkah kesekolah dan mengenakan seragam sekolah. Betapa senangnya anak usia dini pertama kalinya pergi sekolah.
Betapa pentingnya anak-anak usia dini
LATAR BELAKANG
Jika kita Melihat Kondisi Generasi Muda saat ini, dimana tawuran, perkelahian antar pelajar, kekerasan, dan banyak lagi peristiwa-peristiwa yang terjadi yang dilakukan generasi muda saat ini, yang membuat banyak orang merasa miris melihat kondisi bangsa ini, maka, sudah saat nya kita membina anak-anak kita untuk mengambil bagian dalam memperbaiki sumberdaya generasi kedepan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.
Setiap
orang tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih
berhasil dari mereka. Sebaliknya tidak ada orang tua di muka bumi ini
yang menginginkan anak-anaknya lebih rendah kedudukan sosialnya, gagal
dalam hidupnya dan tidak memiliki masa depan yang cerah.
Anak
adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa sehingga setiap orang yang
dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan
pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai
dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa
depan keluarga.'
Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, merupakan suatu
upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan
usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan
untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak
memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Mengingat anak
usia dini merupakan anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun
dimana usia ini sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan
kepribadian anak. Pada usia ini anak mengalami pertumbuhan dan
perkembangan pesat sehingga sering disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.
VISI
Membangun Generasi Cemerlang
MISI
1. Mengajar Kebenaran Firman Tuhan, sehingga mereka terbiasa
untuk Hidup benar, takut berbuat dosa dan bertutur kata yang
baik meneladani Kristus.
2. Meningkatkan dan mengembangkan proses bermain sambil belajar untuk mengembangkan kreativitas anak dalam gerak motorik kasar dah halus pada usia 2 - 6 tahun
3. Membiasakan Anak untuk hidup disiplin, sehat, bersih dan rapi serta cinta damai dan memiliki rasa persatuan dengan menghargai satu dengan yang lain.
4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas para guru/pendidik untuk dapat mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknology.
5. Meningkatkan dan Mengembangkan sistim keamanan dan lingkungan belajar dan bermain yang aman dan nyaman.
Tujuan nya:
1. Menjadikan anak didik mengenal sang Pencipta-Nya, mengenal dan mengingat Firman kebenaran, dan hidup meneladani Tuhan yang maha esa. Dengan demikian anak-anak didik akan terbiasa hidup benar, berkata-kata dengan benar serta memiliki Karakter Kristus.
2. Menjadikan Anak yang dibina menjadi anak yang kuat baik motorik kasar dan halus serta kognitifnya berkembang dengan baik.
3. Dengan membiasakan kebiasaan disiplin seperti mencuci tangan sebelum makan, mereka terbiasa berbaris untuk antri mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya akan membuat mereka menjadi anak yang cinta damai, cinta kerbersihan dan bertumbuh dengan sehat.
4. Peningkatan kualitas sumber daya Guru, akan meningkatkan kualitas murid baik secara pengetahuan maupun teknology yang berkembang sesuai zamannya dan membuat anak-anak lebih mengenal berbagai teknology.
5. Dengan peningkatan sistim keamanan yang baik akan membuat orang tuan dan anak itu sendiri dapat beraktivitas belajar dan bermain dengan nyaman dan aman.
1. Mengajar Kebenaran Firman Tuhan, sehingga mereka terbiasa
untuk Hidup benar, takut berbuat dosa dan bertutur kata yang
baik meneladani Kristus.
2. Meningkatkan dan mengembangkan proses bermain sambil belajar untuk mengembangkan kreativitas anak dalam gerak motorik kasar dah halus pada usia 2 - 6 tahun
3. Membiasakan Anak untuk hidup disiplin, sehat, bersih dan rapi serta cinta damai dan memiliki rasa persatuan dengan menghargai satu dengan yang lain.
4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas para guru/pendidik untuk dapat mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknology.
5. Meningkatkan dan Mengembangkan sistim keamanan dan lingkungan belajar dan bermain yang aman dan nyaman.
Tujuan nya:
1. Menjadikan anak didik mengenal sang Pencipta-Nya, mengenal dan mengingat Firman kebenaran, dan hidup meneladani Tuhan yang maha esa. Dengan demikian anak-anak didik akan terbiasa hidup benar, berkata-kata dengan benar serta memiliki Karakter Kristus.
2. Menjadikan Anak yang dibina menjadi anak yang kuat baik motorik kasar dan halus serta kognitifnya berkembang dengan baik.
3. Dengan membiasakan kebiasaan disiplin seperti mencuci tangan sebelum makan, mereka terbiasa berbaris untuk antri mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya akan membuat mereka menjadi anak yang cinta damai, cinta kerbersihan dan bertumbuh dengan sehat.
4. Peningkatan kualitas sumber daya Guru, akan meningkatkan kualitas murid baik secara pengetahuan maupun teknology yang berkembang sesuai zamannya dan membuat anak-anak lebih mengenal berbagai teknology.
5. Dengan peningkatan sistim keamanan yang baik akan membuat orang tuan dan anak itu sendiri dapat beraktivitas belajar dan bermain dengan nyaman dan aman.
PAUD EBEN HAEZER dalam pelaksanaan pengembangan anak didik tidak lepas untuk memperhatikan aspek-aspek pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini dan mengacu pada standar kompetensi anak usia dini antara lain sebagai berikut.
1. Agama dan Moral
2. Fisik/motorik
Dalam hal ini pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai
dengan usia perkembangannya. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai permainan-permainan
edukatif. Dengan Fasilitas alat-alat permainan yang cuukup melatih dan merangsang otot-otot baik
Motorik kasar dan motorik halus bertumbuh dengan baik.
Nilai-nilai agama dan moral yang diajarkan pada anak usia dini adalah
perilaku positif,
kemandirian, disiplin, kejujuran dan perilaku lainnya.
Kegiatan pembiasaan yang berhubungan
dengan nilai-nilai juga
harus diberikan, seperti penguasaan terhadap do’a-do’a sehari-hari.
Paud Eben Haezer memulai segala kegiatannya dimulai dari Allah. Anak-anak diajarkan nilai-
nilai Tuhan.
2. Fisik/motorik
Dalam hal ini pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai
dengan usia perkembangannya. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai permainan-permainan
edukatif. Dengan Fasilitas alat-alat permainan yang cuukup melatih dan merangsang otot-otot baik
Motorik kasar dan motorik halus bertumbuh dengan baik.
3. Sosial dan Emosional
Anak dididik untuk dapat mengembangkan kemampuan sosial melalui proses sosialisasi. Melalui aspek
ini anak dibekali dengan kemamuan memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya, tentunya melalui proses pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus.
4. Bahasa
Dalam aspek ini, anak didorong untuk menguasai kemampuan berkomunikasi sesuai dengan masa
perkembangannya. Kemampuan berbahasa dilihat dari usia perkembangan anak dapat dibagi
menjadi 2 periode, yaitu periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5 tahun).
5. Kognitif
Perkembangan kognitif anak biasanya mengacu pada pendapat Piaget yang membagi perkembangan kognitif anak menjadi empat tahapan, yaitu periode sensorimotorik (usia 0-2 tahun), periode praoperiosaional (2-7 tahun), periode operasional konkrit (7-11 tahun) dan periode operasional formal (usia 11 sampai dewasa).
6. Seni
Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan
keterampilan lainnya.
Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan
keterampilan lainnya.
PENJELASAN VISI
MEMBANGUN GENERASI CEMERLANG
Arti Generasi
dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah
:
1 sekalian orang yang kira-kira sama
waktu hidupnya; angkatan; turunan;
2. masa orang-orang satu angkatan hidup.
2. masa orang-orang satu angkatan hidup.
Arti Cemerlang
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
adalah
:
:
1 bercahaya atau bersinar sangat
terang; berkilauan
2 cerdas (tentang otak)
3 ki indah sekali; elok sekali:
4 ki bagus (baik) sekali (tentang hasil suatu pekerjaan dan sebagainya):
2 cerdas (tentang otak)
3 ki indah sekali; elok sekali:
4 ki bagus (baik) sekali (tentang hasil suatu pekerjaan dan sebagainya):
Generasi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu masa di mana kelompok
manusia pada masa tersebut mempunyai keunikan yang dapat memberi ciri pada
dirinya dan pada perubahan sejarah atau zaman. Menurut Notosusanto, pengertian
generasi itu sendiri sebenarnya lebih berlaku untuk kelompok inti yang menjadi
panutan masyarakat zamannya, yang dalam suatu situasi sosial dianggap sebagai
pimpinan atau paling tidak penggaris pola zamannya (pattern setter).
Di Indonesia, dianggap telah ada
empat generasi, yaitu generasi ‘20-an, generasi ’45, generasi ’66, dan generasi
reformasi (’98).
Suatu generasi harus dipersiapkan
untuk menghadapi tantangan pada zamannya, melaksanakan pembangunan dengan
sumber daya yang ada dan akan ada, serta menjaga keberlangsungan dan
keberlanjutan dari pembangunan dan sumber daya-sumber daya tersebut.
Penduduk suatu bangsa dapat
merupakan modal yang sangat penting bagi pembangunan (sumber daya), tetapi jika
tidak dipelajari dan disesuaikan akan dapat menjadi faktor penghambat yang
cukup penting pula. Oleh sebab itu perlu dipersiapkan suatu generasi yang baik, jujur dan cerdas untuk
keberhasilan pembangunan Nasional di masa
yang akan datang.
PAUD
EBEN HAEZER – BALIKPAPAN, memiliki
Visi untuk Membangun Generasi Cemerlang
dimana melalui Pendidikan Anak Usia Dini
sebagai penerus generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan di Indonesia yang
kita cintai ini . Anak-anak usia dini merupakan Generasi penerus bangsa yang kelak akan mengambil bagian dalam
pembangunan nasional , maka mulai sejak dini harus dipersiapkan
untuk menghadapi tantangan pada zamannya, kelak mereka akan melaksanakan
pembangunan dengan sumber daya yang ada dan akan ada, serta menjaga
keberlangsungan dan keberlanjutan dari pembangunan nasional. Kita tahu bahwa
keberhasilan pembangunan adalah tergantung pada faktor sumber daya manusia
dan kondisi yang ada pada zamannya. Oleh sebab itu PAUD EBEN HAEZER akan mempersiapkan anak
Usia Dini sebagai generasi penerus bangsa.
"Generasi yang cemerlang adalah generasi yang mengenal Penciptanya, yang takut
akan Tuhan, takut berbuat dosa, generasi yang jujur, cerdas, tangguh dan sehat serta memiliki hubungan sosial yang baik, memiliki pribadi yang baik dan indah dalam hal Karakter dan Prilaku."
Jika anak-anak dari usia dini diajarkan dan dilatih untuk membiasakan diri
melaksanakan nilai-nilai kebenaran yang sesuai dengan firman Tuhan, maka sampai
dewasa mereka akan takut untuk berbuat dosa,
mereka akan hidup jujur dalam melaksanakan
kehidupan ditengah masyarakat dan jujur dalam melaksanakan Pembangunan bangsa
sebagai generasi penerus. Jika dari usia dini dibiasakan hidup benar dengan nilai-nilai
kebenaran sesuai Firman Tuhan, berbahasa yang baik dan sopan, maka mereka akan membentuk karakter yang benar dan memiliki
moral yang baik, karena ada benih-benih kebenaran Firman Tuhan yang mereka
telah terima dari sejak mereka masih kecil ( masih usia dini). Itulah yang
dimaksud dengan Generasi yang Cemerlang, Generasi yang cerdas, elok, dan indah.
Mereka akan bersinar ditengah –tengah dunia yang gelap ini.
PAUD EBEN HAEZER
dalam melaksanakan kegiatannya setiap hari, selalu dimulai dari Allah, dimana
anak-anak ini di ajarkan untuk berdoa terlebih dahulu dan mengucap syukur, dan
kemudian dilanjutkan dengan pelajaran Firman Tuhan, cerita-cerita yang ada
dalam Alkitab, Tokoh-tokoh penting dalam Alkitab, dan sesudah itu masuk dalam sentra-sentra yang telah ditetapkan.
Demikianlah penjelasan singkat tentang VISI PAUD EBEN HAEZER
di Balikpapan – Kalimantan Timur.
PENJELASAN LOGO PAUD EBEN HAEZER
Logo Paud Eben Haezer dari :
1. Gambar Salib
2. Kasih, Sukacita, dan Damai Sejahtera
3. Gambar sepasang anak Laki-laki dan Perempuan
4. Eben Haezer
5. Sehat, Cerdas, dan Ceria
6. Segi Lima
1. Gambar Salib adalah menggambarkan bahwa seluruh kegiatan manusia dimulai dengan Tuhan Pencipta. Melalui doa dan membaca Firman Tuhan merupakan dasar yang kuat untuk kerohanian baik guru maupun anak didik.
2. Kasih, Sukacita, dan damai Sejahtera
Kasih, Sukacita, dan Damai Sejahtera merupakan buah Roh Kudus diambil dalam Firman Tuhan yang terdapat dalam Galatia 5: 22, merupakan landasan sikap guru/pendidik yang harus dilaksanakan dalam membina Anak Usia Dini
- Kasih : Dalam Membina Anak didik, di laksanakan dengan penuh kasih, dan untuk mengajar Anak usia dini dengan kasih, maka diperlukan guru-guru pendidik yang tangguh dan penuh kesabaran dan dengan penuh tanggung jawab.
- Sukacita : Guru-guru pendidik yang penuh sukacita dalam mengajar atau mendidik akan membuat anak-anak merasa tenang, tidak ada tekanan, tidak ada ketakutan, sehingga mereka dapat mengikuti semua pelajaran denggan baik.
- Damai Sejahtera : Merupakan wujud dari kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh kasih dan sukacita tanpa ada tekanan apapun, dan penyampaian diberikan dengan lemah lembut, dan sukacita sehingga anak-anak merasa damai sejahtera tanpa merasa ada tekanan maupun kekerasan dalam bentuk apapun.
3. Makna Gambar 2 (dua) anak Laki-laki dan Perempuan
Ini mennggambarkan Anak-anak usia dini baik laki-laki dan perempuan bersama-sama dilatih dan dibina, diasuh untuk bertumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsa yakni Generasi yang Cemerlang.
4. EBEN HAEZER Nama PAUD yang diambil dari Firman Tuhan yang terdapat dalam Alkitab yaitu yang terdapat dalam kitab 1 Samuel 7 : 23 yang artinya "Sampai disini Tuhan menolong kita". Jika PAUD EBEN HAEZER ini exis di kota Balikpapan, maju dan berkembang, dan mampu untuk mengasuh dan membina anak usia dini dengan baik, itu karena Anugerah Tuhan yang menolong kita, dan sesuai dengan kehendak Tuhan yang maha Kuasa.
5. Sehat , Cerdas dan Ceria
Ungkapan ini penting karena merupakan hasil akhir yang harus dicapai oleh anak-anak didik. Anak-anak Usia dini bertumbuh dalam kesehatan yang prima, memiliki kecerdasan dan memiliki sikap yang Ceria dan penuh sukacita. Jika ketiga hal ini dimiliki oleh anak-anak didik, maka mereka dapat menyelesaikan masalah dengan tenang dan dengan ceria, dan bukan dengan emosional.
6. Segi Lima
Dalam ruang Lingkup Negera Republik Indonesia dimana Pancasila sebagai dasar negara yang terdiri dari
5 (lima) Sila, maka PAUD EBEN HAEZER memakai Pancasila sebagai satu landasan sikap dalam
membina anak-anak Usia dini. Anak-anak diajarkan nilai-nilai Ketuhanan yang maha Esa dalam KurikuLum (Moral dan Agama). Tidak ada Diskriminasi warna kulit, semua anak-anak dari berbagai suku meskipun berbeda-beda tetap dibina dengan cara yang sama, dengan sikap yang sama, dan dengan memakai faisilitas APE (Alat Pemainan Edukatif) yang sama. Anak-anak diajarkan nilai-nilai persatuan dengan rasa sosial yang tinggi. Anak -anak diajarkan untuk selalu mengampuni kesalahan anak -anak yang lain, dan selalu ada kebersamaan. Demikian juga Kesejahteraan bagi anak-anak adalah penting. Oleh sebab itu kesehatan mereka mendapat perhatian dari para pendidik seperti pemeriksaan dokter, dan pemberian vitamin dan makanan yang bergizi agar mereka sehat dan sejahtera.
5 (lima) Sila, maka PAUD EBEN HAEZER memakai Pancasila sebagai satu landasan sikap dalam
membina anak-anak Usia dini. Anak-anak diajarkan nilai-nilai Ketuhanan yang maha Esa dalam KurikuLum (Moral dan Agama). Tidak ada Diskriminasi warna kulit, semua anak-anak dari berbagai suku meskipun berbeda-beda tetap dibina dengan cara yang sama, dengan sikap yang sama, dan dengan memakai faisilitas APE (Alat Pemainan Edukatif) yang sama. Anak-anak diajarkan nilai-nilai persatuan dengan rasa sosial yang tinggi. Anak -anak diajarkan untuk selalu mengampuni kesalahan anak -anak yang lain, dan selalu ada kebersamaan. Demikian juga Kesejahteraan bagi anak-anak adalah penting. Oleh sebab itu kesehatan mereka mendapat perhatian dari para pendidik seperti pemeriksaan dokter, dan pemberian vitamin dan makanan yang bergizi agar mereka sehat dan sejahtera.
Secara Keseluruhan unsur-unsur ke enam unsur diatas sebagai pegangan bagi Pengelola, Kepala Sekolah dan para Guru Pendidik dan dengan pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa, akan membawa keberhasilan yang optimal.
PROFIL GURU-GURU PAUD
1. Hendrik Rasubasla, S.Th, SH, MBA
Tempat & tanggal Lahir : Binjei 2-5-1950
Alamat : Jl. Gardenia Raya Blok P-1, No. 5
Agama : Kristen
Jabatan : Pengelola dan Kepala Sekolah
Pendidikan : S1 - Hukum
S1 Theologia
MBA (Master Business of Administration)
Pengalaman Kerja :
1. Proyek Manager
2. Office Manager :
3.Trainning Officer
4. Pengelola PAUD
Training-training yang pernah diikuti :
a. Tahun 2003 - Train Trainer
b. Seminar dan Lokakarya Perintisan
di daerah tertinggal di Jakarta
c. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu
Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.
d. Teknik Pengelolaan PAUD
e. Tutor PKBM
f. Kurikulum 2013 untuk PAUD
G. Penguatan Organisasi dan Peninngkatan Mutu Pendidik
Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.
==========================================================================
2. Nony Margaretha Matar
Nama ; Nony Margaretha Matar
Alamat : Jl. Prapatan No. 66
Agama : Kristen
Jabatan Guru/Pendidik
Training/Pelatihan yang pernah diikuti.
a. Pendidikan Kilat /Diklat Dasar Pendidikan PAUD
b. Workshop Creatif Teaching For PAUD Teachers 2014
(Pelatihan Mengajar secara kreatif untuk guru PAUD)
c. Profesionalisme Guru dan orang tua dalam peendidikan Karakter.
d. Pemahaman Teori Belajar dalam Kosep Matematika untuk PAUD
e. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu Pendidik
Pedidikan Anak Usia Dini Indonesia
3. Pdt. Altje. M. Rasubala
Tempat Tanggal Lahir : Lembean, 18 Januari 1963
Alamat Jalan : Gardenia Raya blok P-1 No. 5 Balikpapan
Agama : Kristen
Pendidikan : Pendeta
Jabatan : Guru /Pendidik Moral dan Agama
a. Seminar dan lokakarya PAUD di Jakarta
b. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu Pendidik Anak Usia Dini
Indonesia.
======================================================================
4. Nonia Khristiana Laure, S.Pak
Tempat/tanggal lahir : Alata, 17 Desember 1988
Pendidikan : S1 - Pendidikan Agama Kristen.
Training /Pelatihan yang telah diikuti
a. Diklat Dasar sebagai Guru PAUD
b. Seminar Profesionalisme Guru dan Orang Tua dalam
pendidikan Karakter.
==========================================================================
5. Andrew Jonathan Rasubala
Tempat dan Tanggal Lahir : Bekasi, 11 Juni 1989
Agama : Kristen
Alamat : Jl. Gardenia Raya Blok P-1 No. 5 Balikapapan
Jabatan : Guru/Pendidik dan sebagai Bendahara.
Training/Pelatihan yang diikuti:
1. Bagaimana menjadi guru yang favorite
2. Pelatihan Matematika untuk PAUD.
==========================================================================
Keistimewaan PAUD EBEN HAEZER BALIKPAPAN.
1. Memiliki Halaman dan ruang yang Aman dan bersih dilengkapi kamar mandi yang bersih disamping itu juga ruangannya memakai pendingin AC.
2. Memiliki Alat Permainan Edukatif yang cukup banyak sehingga anak-anak dapat memilih permaianan yang disukai.
3. Anak-diajar untuk percaya diri, diajar untuk berdoa serta belajar Firman Tuhan.
4. Suasana Lingkungan tempat bermain bersih dan hygienis.
5. Pemerriksaan Dokter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar