Kamis, 04 Februari 2016

PROFILE PAUD EBEN HAEZER BALIKPAPAN


PAUD EBEN HAEZER BALIKPAPAN

Jl. Gardenia Raya Blok P-1  No. 5 RT. 021
Balikpapan - Kaltim


















                                                                                                           
                                                                                                           Hendrik Rasubala, S.TH, SH, MBA
                                                                                                              Pengelola / Pengelola
 Pendahuluan

  Ada  sukacita yang besar apabila kita sebagai orang tua melihat anak-anak kita berhasil dalam hidupnya ketika mereka menginjak usia dewasa. Mereka hidup dengan kecerdasan dan kesehatan yang prima serta menghormati orang tua. Anak-anak yang demikian tentu sebagai kebanggaan orang tua. Dia bekerja dengan penuh kejujuran serta rajin beribadah kepada Tuhan. Dan ini selaras dengan Firman Tuhan yang terdapat dalam kitab Amsal 15 : 20 yang berkata:" Anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya, tetapi anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya". 

Pendidikan anak usia dini merupakan titik awal bagi anak-anak untuk pertama kali
akan melangkah kesekolah dan  mengenakan seragam sekolah. Betapa  senangnya anak usia dini pertama kalinya  pergi sekolah. 

   Betapa pentingnya anak-anak usia dini
di didik melalui Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) khususnya anak yang berumur 2 - 6tahun  sebagai tahun emas , maka PAUD EBEN HAEZER  hadir di kota Balikpapan. Melalui Profile ini, kita dapat melihat Visi, Misi dan tujuan PAUD EBEN HAEZER di kota BALIKPAPAN ini.

 

LATAR BELAKANG

Jika kita Melihat Kondisi  Generasi Muda saat ini, dimana tawuran, perkelahian  antar pelajar, kekerasan, dan banyak lagi peristiwa-peristiwa yang terjadi yang dilakukan generasi muda saat ini,  yang membuat banyak orang   merasa miris melihat kondisi bangsa ini,   maka, sudah saat nya kita membina anak-anak kita  untuk mengambil bagian dalam memperbaiki sumberdaya generasi kedepan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih berhasil dari mereka. Sebaliknya tidak ada orang tua di muka bumi ini yang menginginkan anak-anaknya lebih rendah kedudukan sosialnya, gagal dalam hidupnya dan tidak memiliki masa depan yang cerah.
Anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa sehingga setiap orang yang dikaruniai seorang anak wajib untuk mengasihi, membimbing, memberikan pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga adalah masa depan keluarga.'

 Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Mengingat anak usia dini merupakan anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun dimana usia ini sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Pada usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat sehingga sering disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.



VISI

Membangun  Generasi Cemerlang

MISI 

1. Mengajar Kebenaran Firman Tuhan, sehingga mereka terbiasa
   untuk Hidup benar, takut berbuat dosa dan bertutur kata yang
    baik meneladani Kristus.

2.  Meningkatkan dan mengembangkan proses bermain sambil belajar  untuk mengembangkan kreativitas anak dalam gerak motorik kasar dah halus pada usia 2 - 6 tahun

3.  Membiasakan Anak untuk hidup disiplin, sehat,  bersih dan rapi serta cinta damai  dan memiliki  rasa persatuan dengan menghargai  satu dengan yang lain.

4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas para guru/pendidik untuk dapat mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknology.

5. Meningkatkan dan Mengembangkan sistim keamanan dan lingkungan belajar dan bermain yang aman dan nyaman.


Tujuan nya:

1.  Menjadikan anak  didik  mengenal sang Pencipta-Nya, mengenal dan mengingat Firman kebenaran, dan hidup meneladani Tuhan yang  maha esa. Dengan demikian anak-anak didik akan terbiasa hidup benar, berkata-kata dengan benar serta memiliki Karakter Kristus.

2. Menjadikan Anak yang dibina menjadi anak yang kuat baik motorik kasar dan halus serta kognitifnya berkembang dengan baik.

3. Dengan membiasakan kebiasaan disiplin seperti mencuci tangan sebelum makan, mereka terbiasa berbaris untuk antri mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya akan membuat mereka menjadi anak yang cinta damai, cinta kerbersihan dan bertumbuh dengan sehat.

4. Peningkatan kualitas sumber daya Guru, akan meningkatkan  kualitas murid baik secara pengetahuan maupun teknology yang berkembang sesuai zamannya dan membuat anak-anak lebih mengenal berbagai teknology.

5. Dengan peningkatan sistim keamanan yang baik akan membuat orang tuan dan anak itu sendiri dapat beraktivitas belajar dan bermain dengan nyaman dan aman.

PAUD EBEN HAEZER  dalam pelaksanaan pengembangan anak didik tidak lepas untuk memperhatikan  aspek-aspek pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini dan  mengacu pada standar kompetensi anak usia dini antara lain sebagai berikut.

1.   Agama dan Moral
      Nilai-nilai agama dan moral yang diajarkan pada anak usia dini adalah perilaku positif,                      
     kemandirian, disiplin, kejujuran dan perilaku lainnya. Kegiatan pembiasaan yang berhubungan            
      dengan nilai-nilai juga harus diberikan, seperti penguasaan terhadap do’a-do’a sehari-hari.
      Paud Eben  Haezer memulai segala kegiatannya dimulai dari Allah. Anak-anak diajarkan nilai-           
      nilai Tuhan.


2. Fisik/motorik
   Dalam hal ini pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai            
   dengan usia perkembangannya. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai permainan-permainan          
    edukatif. Dengan Fasilitas alat-alat permainan yang cuukup melatih dan merangsang otot-otot baik 
    Motorik kasar dan motorik halus bertumbuh dengan baik.

3.  Sosial dan Emosional
   Anak dididik untuk dapat mengembangkan kemampuan sosial melalui proses sosialisasi. Melalui       aspek
    ini anak dibekali dengan kemamuan memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapinya,     tentunya     melalui proses pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus.

4. Bahasa
     Dalam aspek ini, anak didorong untuk menguasai kemampuan berkomunikasi sesuai dengan masa    
    perkembangannya. Kemampuan berbahasa dilihat dari usia perkembangan anak dapat dibagi              
    menjadi 2 periode, yaitu periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5 tahun).

5. Kognitif
  Perkembangan kognitif anak biasanya mengacu pada pendapat Piaget yang membagi perkembangan    kognitif anak menjadi empat tahapan, yaitu periode sensorimotorik (usia 0-2 tahun), periode           praoperiosaional (2-7 tahun), periode operasional konkrit (7-11 tahun) dan periode operasional        formal (usia 11 sampai dewasa).

6. Seni
  Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan                    
   keterampilan lainnya.


PENJELASAN VISI



MEMBANGUN GENERASI CEMERLANG

Arti  Generasi  dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah :

 1 sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya; angkatan; turunan;
2.  masa orang-orang satu angkatan hidup.


Arti  Cemerlang dalam Kamus Besar  Bahasa Indonesia adalah 
:
1 bercahaya atau bersinar sangat terang; berkilauan
2 cerdas (tentang otak)
3 ki indah sekali; elok sekali:
4 ki bagus (baik) sekali (tentang hasil suatu pekerjaan dan sebagainya): 

          Generasi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu masa di mana kelompok manusia pada masa tersebut mempunyai keunikan yang dapat memberi ciri pada dirinya dan pada perubahan sejarah atau zaman. Menurut Notosusanto, pengertian generasi itu sendiri sebenarnya lebih berlaku untuk kelompok inti yang menjadi panutan masyarakat zamannya, yang dalam suatu situasi sosial dianggap sebagai pimpinan atau paling tidak penggaris pola zamannya (pattern setter).
Di Indonesia, dianggap telah ada empat generasi, yaitu generasi ‘20-an, generasi ’45, generasi ’66, dan generasi reformasi (’98).

Suatu generasi harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan pada zamannya, melaksanakan pembangunan dengan sumber daya yang ada dan akan ada, serta menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan dari pembangunan dan sumber daya-sumber daya tersebut.

Penduduk suatu bangsa dapat merupakan modal yang sangat penting bagi pembangunan (sumber daya), tetapi jika tidak dipelajari dan disesuaikan akan dapat menjadi faktor penghambat yang cukup penting pula. Oleh sebab itu perlu dipersiapkan suatu generasi  yang baik, jujur dan cerdas untuk keberhasilan pembangunan Nasional di masa  yang akan datang.

PAUD EBEN HAEZER – BALIKPAPAN,  memiliki Visi  untuk Membangun Generasi Cemerlang dimana melalui Pendidikan  Anak Usia Dini sebagai penerus generasi bangsa yang  akan melanjutkan pembangunan di Indonesia yang kita cintai ini . Anak-anak usia dini merupakan Generasi penerus  bangsa yang kelak akan mengambil bagian dalam pembangunan nasional , maka mulai sejak dini  harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan pada zamannya, kelak mereka akan melaksanakan pembangunan dengan sumber daya yang ada dan akan ada, serta menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan dari pembangunan nasional. Kita tahu bahwa keberhasilan pembangunan adalah tergantung pada faktor sumber daya manusia dan kondisi yang ada pada zamannya. Oleh sebab itu  PAUD EBEN HAEZER akan mempersiapkan anak Usia  Dini sebagai generasi penerus bangsa.

"Generasi yang cemerlang adalah  generasi  yang mengenal Penciptanya, yang takut akan Tuhan, takut berbuat dosa,  generasi yang jujur,   cerdas, tangguh dan sehat serta memiliki hubungan sosial yang baik, memiliki pribadi yang baik dan indah dalam hal Karakter dan Prilaku."

Jika anak-anak dari usia dini  diajarkan dan dilatih untuk membiasakan diri melaksanakan nilai-nilai kebenaran yang sesuai dengan firman Tuhan, maka sampai dewasa mereka akan takut untuk berbuat  dosa, mereka akan hidup  jujur dalam melaksanakan kehidupan ditengah masyarakat dan jujur dalam melaksanakan Pembangunan bangsa sebagai generasi penerus. Jika dari usia dini  dibiasakan hidup benar dengan nilai-nilai kebenaran sesuai Firman Tuhan, berbahasa yang baik dan sopan, maka mereka akan  membentuk karakter yang benar dan memiliki moral yang baik, karena ada benih-benih kebenaran Firman Tuhan yang mereka telah terima dari sejak mereka masih kecil ( masih usia dini). Itulah yang dimaksud dengan Generasi yang Cemerlang, Generasi yang cerdas, elok, dan indah. Mereka akan bersinar ditengah –tengah dunia yang gelap ini.

PAUD  EBEN HAEZER dalam melaksanakan kegiatannya setiap hari, selalu dimulai dari Allah, dimana anak-anak ini di ajarkan untuk berdoa terlebih dahulu dan mengucap syukur, dan kemudian dilanjutkan dengan pelajaran Firman Tuhan, cerita-cerita yang ada dalam Alkitab, Tokoh-tokoh penting dalam Alkitab, dan sesudah itu masuk  dalam sentra-sentra yang telah ditetapkan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang VISI PAUD EBEN HAEZER di Balikpapan – Kalimantan Timur.




PENJELASAN LOGO PAUD EBEN HAEZER

Logo Paud Eben Haezer dari  :

1. Gambar Salib
2. Kasih, Sukacita, dan Damai Sejahtera
3. Gambar sepasang anak Laki-laki dan Perempuan
4. Eben Haezer
5. Sehat, Cerdas, dan Ceria
6. Segi Lima






1. Gambar Salib adalah menggambarkan bahwa seluruh kegiatan manusia dimulai  dengan Tuhan Pencipta. Melalui  doa dan membaca Firman Tuhan merupakan dasar yang kuat  untuk kerohanian baik guru maupun anak didik.

2. Kasih, Sukacita, dan damai Sejahtera

Kasih, Sukacita, dan Damai Sejahtera merupakan buah Roh Kudus diambil dalam Firman Tuhan yang terdapat dalam Galatia  5: 22, merupakan landasan sikap guru/pendidik yang harus dilaksanakan dalam membina Anak Usia Dini

- Kasih   :  Dalam Membina  Anak didik, di laksanakan dengan penuh kasih, dan untuk mengajar      Anak usia dini dengan kasih, maka diperlukan guru-guru pendidik yang tangguh dan penuh                kesabaran dan dengan penuh tanggung jawab.

 - Sukacita  : Guru-guru pendidik yang penuh sukacita dalam mengajar atau mendidik akan membuat    anak-anak merasa tenang, tidak ada tekanan, tidak ada ketakutan, sehingga mereka dapat                      mengikuti  semua pelajaran denggan baik.

- Damai Sejahtera  : Merupakan wujud dari kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh kasih dan          sukacita tanpa ada tekanan apapun, dan penyampaian diberikan dengan lemah lembut, dan sukacita    sehingga anak-anak merasa damai sejahtera tanpa merasa ada tekanan maupun kekerasan dalam          bentuk apapun.

3. Makna Gambar 2 (dua)  anak Laki-laki dan Perempuan
    Ini mennggambarkan Anak-anak usia dini baik laki-laki dan perempuan bersama-sama dilatih dan       dibina, diasuh  untuk bertumbuh dan berkembang  menjadi generasi penerus bangsa yakni                   Generasi yang Cemerlang.

4. EBEN HAEZER  Nama PAUD yang  diambil dari Firman Tuhan yang terdapat dalam Alkitab yaitu yang terdapat dalam kitab 1 Samuel  7 : 23        yang artinya "Sampai disini Tuhan menolong kita". Jika PAUD EBEN HAEZER ini exis di kota Balikpapan, maju dan   berkembang, dan mampu untuk mengasuh dan membina anak usia dini dengan baik,  itu karena Anugerah  Tuhan yang menolong kita, dan sesuai dengan kehendak Tuhan yang maha Kuasa.

5. Sehat  , Cerdas dan Ceria
 Ungkapan ini penting karena merupakan hasil akhir yang  harus dicapai oleh anak-anak didik. Anak-anak Usia dini bertumbuh dalam kesehatan yang prima, memiliki kecerdasan dan memiliki sikap yang Ceria dan penuh sukacita. Jika ketiga hal ini dimiliki oleh anak-anak didik, maka mereka dapat menyelesaikan masalah dengan tenang dan dengan ceria, dan bukan dengan emosional.

6. Segi Lima

Dalam ruang Lingkup Negera Republik Indonesia dimana Pancasila sebagai dasar  negara yang terdiri dari
 5 (lima)  Sila, maka PAUD EBEN HAEZER memakai Pancasila sebagai satu  landasan sikap dalam
membina anak-anak Usia dini. Anak-anak diajarkan nilai-nilai Ketuhanan yang maha Esa dalam KurikuLum (Moral dan Agama). Tidak ada Diskriminasi warna kulit, semua anak-anak dari berbagai  suku meskipun berbeda-beda tetap dibina  dengan cara yang sama, dengan sikap yang sama, dan dengan memakai faisilitas APE (Alat Pemainan Edukatif) yang sama. Anak-anak diajarkan nilai-nilai persatuan dengan rasa sosial yang tinggi. Anak -anak diajarkan untuk selalu mengampuni kesalahan anak -anak yang lain, dan selalu ada kebersamaan. Demikian juga Kesejahteraan bagi anak-anak adalah penting. Oleh sebab itu  kesehatan mereka mendapat perhatian dari para pendidik seperti pemeriksaan dokter, dan pemberian vitamin dan makanan yang bergizi agar mereka sehat dan sejahtera.


Secara Keseluruhan unsur-unsur  ke enam unsur diatas sebagai pegangan bagi Pengelola, Kepala Sekolah dan para Guru Pendidik dan dengan pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa, akan membawa keberhasilan yang optimal.

PROFIL GURU-GURU PAUD

1. Hendrik Rasubasla, S.Th, SH, MBA
Tempat & tanggal Lahir : Binjei 2-5-1950

Alamat  : Jl. Gardenia Raya Blok P-1, No. 5

Agama  : Kristen

Jabatan : Pengelola dan Kepala Sekolah

Pendidikan :  S1 - Hukum
                     S1  Theologia
                    MBA (Master Business of Administration)


Pengalaman Kerja :

1. Proyek Manager

2. Office Manager :

3.Trainning Officer

4.  Pengelola PAUD 





Training-training yang pernah diikuti :

a. Tahun 2003    -   Train Trainer


b. Seminar dan Lokakarya Perintisan                       
 di daerah tertinggal  di Jakarta                                           


c. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu
    Pendidik Pendidikan  Anak Usia Dini Indonesia.

d. Teknik Pengelolaan PAUD
  
e.  Tutor PKBM
 
f.  Kurikulum 2013 untuk PAUD

G. Penguatan Organisasi dan Peninngkatan Mutu Pendidik
     Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia.

==========================================================================


2. Nony Margaretha Matar

Nama             ; Nony Margaretha Matar

Alamat            : Jl. Prapatan No. 66

Agama            : Kristen


Jabatan           Guru/Pendidik










Training/Pelatihan yang pernah diikuti.

a.  Pendidikan Kilat /Diklat Dasar Pendidikan PAUD

b.  Workshop Creatif Teaching For PAUD Teachers 2014
    (Pelatihan Mengajar  secara kreatif untuk guru PAUD)

c. Profesionalisme Guru dan orang tua dalam peendidikan Karakter.

d. Pemahaman Teori Belajar dalam Kosep Matematika untuk PAUD
e. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu Pendidik
    Pedidikan Anak Usia Dini Indonesia





3. Pdt. Altje. M. Rasubala


Tempat Tanggal Lahir : Lembean, 18 Januari 1963

Alamat Jalan : Gardenia Raya blok P-1 No. 5 Balikpapan

Agama         : Kristen

Pendidikan : Pendeta




Jabatan      : Guru /Pendidik Moral dan Agama
  



Pelatihan yang pernah diikuti :

a. Seminar dan lokakarya PAUD di Jakarta

b. Penguatan Organisasi dan Peningkatan Mutu Pendidik Anak Usia Dini
    Indonesia.

======================================================================

4. Nonia Khristiana Laure, S.Pak


Tempat/tanggal lahir :   Alata, 17 Desember 1988

     Pendidikan          :   S1  - Pendidikan Agama Kristen.

     Training /Pelatihan yang telah diikuti

     a.   Diklat Dasar sebagai Guru PAUD
     b. Seminar Profesionalisme Guru dan Orang Tua dalam
          pendidikan Karakter.

==========================================================================

5.  Andrew Jonathan Rasubala

Tempat dan Tanggal Lahir : Bekasi, 11 Juni 1989

Agama    : Kristen

Alamat    : Jl. Gardenia Raya Blok P-1 No. 5 Balikapapan

Jabatan   : Guru/Pendidik dan sebagai Bendahara.














Training/Pelatihan yang diikuti:

1.  Bagaimana menjadi guru yang favorite

2. Pelatihan Matematika untuk PAUD.


==========================================================================

Keistimewaan PAUD EBEN HAEZER BALIKPAPAN.

1. Memiliki Halaman dan ruang yang  Aman dan bersih dilengkapi  kamar mandi yang bersih disamping itu juga ruangannya memakai pendingin AC.

2. Memiliki Alat Permainan Edukatif yang cukup banyak sehingga anak-anak dapat memilih permaianan  yang disukai.

3. Anak-diajar untuk percaya diri, diajar untuk berdoa serta belajar Firman Tuhan.

4. Suasana Lingkungan tempat bermain bersih dan hygienis.

5. Pemerriksaan Dokter.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar